LAPORAN HASIL WAWANCARA
Bahasa Indonesia
Nama :
1.
Meida Riski Pujiyati (19)
2.
Noviana Hesti Widiati (25)
3.
Nurul Julinar (27)
Kelas : X.1
SMA Negeri 1
Wonosobo
Jl. Tjogonegoro KM 2
Wonosobo
Kata
Pengantar
Segala puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan anugerah-Nya ,
sehingga kami selaku siswa dari salah satu kelompok wawancara kelas X-1
yang telah melaksanakan kegiatan ini
dengan lancar dan sebagaimana mestinya, serta kami dapat menyelesaikan laporan
wawancara ini pada tanggal 17 April 2013.
Laporan inni disusun
berdasarkan wawancara yang kami lakukan terhadap seorang narasumber yang
bernama Bapak Sumardi, S.Pd selaku guru mata pelajaran biologi di SMA
Muhammadiyah Wonosobo.
Dalam kesempatan ini,
kami mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam
membantu laporan ini.
Selain itu, kami juga
mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang dapat kami jadikan koreksi
dalam pembuatan laporan ini. Semoga laporan ini dapat bermanfaat dan dapat
digunakan dengan sebaik mungkin, sehingga akan menghasilkan hasil yang
memuaskan dan sesuai keinginan.
Wonosobo, 17
April 2013
Tim
Penulis
Latar
Belakang
Kegiatan wawancara ini
merupakan tugas mata pelajaran Bahasa
Indonesia yang bertujuan untuk memperoleh informasi dari narasumber yang
berkompeten sebagai guru didik di suatu lembaga pendidikan bertaraf Sekolah
Menengah Atas atau sederajat.
Latar belakang yang
kami temukan dalam lingkungan pendidikan adalah
upaya penunjang pendidikan Indonesia yang pada masa sekarang ini sangat
dibutuhkan bagi masa depan negara. Dalam melaksanakan tujuan ini, di butuh
dengan adanya komponen penting yang menjadi suatu dasar pendidikan itu
berjalan, yaitu dengan adanya guru yang mempunyai beragam pendekatan yang
inovatif untuk meningkatkan taraf dan kualitas pendidikan yang belum sepenuhnya
di kembangkan dalam cara yang kompleks.
Kami memilih topik “
Pembaharuan Pembelajaran Guru yang Berkompeten ”, yang dimana memberikan
suatu motivasi bagi pembaca, baik
pelajar maupun pendidik dalam lembaga pendidikan untuk menemukan suatu
pembaharuan cara belajar siswa, yang meningkatkan perilaku belajar yang baik
bagi potensi siswa sendiri, dan bagi pendidik dengan cara mendidik siswa dengan menjaga kualitas pendidikan yang berkompeten
.
Oleh karena itu, kami mewawancarai
seorang guru biologi SMA Muhammadiyah Wonosobo, yaitu Bapak Sumardi, S.Pd. yang
mempunyai predikat guru berprestasi Juara I guru favorit Tingkat Kabupaten
Wonosobo pada Tahun 2008.
Dengan terlaksananya
kegiatan wawancara ini, kami berharap hasil laporan ini menjadi sesuatu yang
bermanfaat bagi kalangan pelajar ataupun guru yang mendidik pasa semua tingkat
lembaga pendidikan. Selain itu, kami juga memenuhi tugas Bahasa Indonesia dan
bisa mendapatkan nilai yang sempurna.
Tujuan
Tujuan kami melakukan
kegiatan wawancara kepada bapak Sumardi S.Pd adalah memberikan suatu cara yang
tepat guna dan hasil guna dalam mencapai pembelajaran di dalam sekolah.Guru
yang berkompeten tentu memberikan suatu inspirasi yang penuh untuk anak
didiknya agar lebih berprestasi dan maju untuk masa depan yang
gemilang.Sehingga pembaca juga mempunyai dorongan dalam memberi kesadaran dalam
belajar atau dalam mengajar.
Daftar
Isi
Kata Pengantar................................................................................................................
2
Latar
Belakang................................................................................................................ 3
Tujuan............................................................................................................................. 3
Daftar
Isi......................................................................................................................... 4
Kegiatan Wawancara
..................................................................................................... 5
Biodata............................................................................................................................ 6
Isi
Wawancara................................................................................................................. 7
Kesimpulan..................................................................................................................... 10
Kritik dan
Saran.............................................................................................................. 10
Penutup............................................................................................................................ 11
Surat Ijin.......................................................................................................................... 12
Lampiran......................................................................................................................... 13
Kegiatan Wawancara
Ø Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan pada :
Hari/tanggal : Selasa, 16 April
2013
Pukul : 14.30 s/d
selesai
Tempat : Ruang Tamu SMA
Muhammadiyah Wonosobo
Ø Laporan Hasil
Wawancara
Narasumber : Bapak Sumardi,
S.Pd.
Pewawancara : Nurul Julinar
Juru Tulis : Meida Riski
Pujiyati
Juru Rekam : Noviana Hesti
Widiati
BIODATA
Nama Lengkap : Sumardi,
S.Pd
Nama Akrab : Pak
Mardi
Tempat Tgl Lahir :
Wonosobo, 27 Maret 1970
Cita-cita :
Dokter
Profesi :
Guru Biologi dan Koordinator Ekstrakurikuler
Bidang Akademik
Pembina
KIR
Prestasi : Juara
I guru favorit Tingkat Kabupaten Wonosobo pada Tahun 2008
Nama Istri : Sari
Wahyuningtyas, S.TP
Alamat :
Sidojoyo
No. Telp :
081392305299
e-mail :
mardisam2012@gmail.com
Kesukaan : Membaca
Buku, Menyanyi, Nonton Film
Motto Hidup : Jadilah Orang yang Hidupnya Banyak Bermanfaat
Bagi Orang Lain
Riwayat Pendidikan :
·
SD : SD Negeri Jaraksari 1
Wonosobo
·
SMP : STN 1 Wonosobo
·
SMA : SMAK 1 Wonosobo
·
Universitas : Universitas Negeri Yogyakarta (S1)
Riwayat Mengajar :
·
1995-1996 : SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta
·
1997-sekarang: SMA
Muhammadiyah Wonosobo
Pembaharuan
Pembelajaran Guru yang Berkompeten
Bapak Sumardi, S.Pd adalah
seorang guru pengampu mata pelajaran biologi, juga memegang jabatan lain yaitu
sebagai koordinator ekstrakurikuler bidang akademik dan pembina ekstrakurikuler
KIR di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Beliau mengajar selama 16 tahun. Beliau mempunyai ketertarikan terhadap biologi sejak kecil
karena beliau mempunyai cita-cita menjadi seorang dokter. Beliau menyukai
biologi karena sejak kecil sudah tertarik dengan lingkungan alam di mana sebagai tempat untuk bermain dan
belajar dengan teman-temannya serta tertarik pada hal-hal yang bersifat nyata atau real. Di dalam perkembangan ilmu Biologi sendiri
banyak pengetahuan – pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah kita
pelajari serta ditemukan.
Menurut beliau, dalam pembelajaran biologi seharusnya diawali
dari pembelajaran melalui pendekatan praktik. Dengan pendekatan praktik, baik
yang dilakukan di laboratorium maupun di
lapangan, siswa banyak menemukan fakta-fakta dari obyek yang diamati, melatih
keterampilan menggunakan alat atau bahan praktikum serta mampu untuk menganalisa dan memecahkan masalah yang
dihadapi. Setiap memulai pelajaran beliau selalu mengawali dengan mengaitkan
antara materi pelajaran dengan Kitab Suci Al Qur’an dan Hadist Rosulallah yang
merupakan sumber dari segala ilmu. Dengan di dasari oleh Kitab Suci Al Qur’an
dan Hadist Rosulallah, maka manusia akan semakin mengagumi dan mengagungi Kekuasaan Sang Maha
Pencipta Alam Semesta ini yaitu Allah SWT.
Menurut Pak Mardi, tempat untuk belajar tidak
hanya terbatas di dalam kelas, namun dapat juga di lakukan di luar ruang kelas
dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, termasuk
kunjungan ke museum, perpustakaan, sawah, sungai bahkan di pantai. Sehingga
dalam setiap pembelajaran yang disajikan oleh guru kepada siswa harus menarik,
menyenangkan atau menggunakan inovasi pembelajaran PAIKEMGEMBROT, yaitu
Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot. Guru
harus menguasai materi pelajaran yang menjadi dasar utama kompetensi
Paedagogiknya, juga penguasaan terhadap kelas yang dikelolanya, sehingga di
dalam kelas tercipta suasana kelas yang kondusif.
Penggunaan Teknologi dalam pembelajaran di era sekarang wajib dikuasai oleh seorang
guru dengan maksud untuk mempermudah dalam penyampaian materi dan mudah
dipahami oleh anak didiknya. Seperti yang Mardi terapkan
adalah dengan menggunakan LCD dengan seperangkat laptop/komputer. Guru juga
dituntut untuk dapat membuat media pembelajaran sendiri yang menarik misalnya
dengan memanfaatkan media presentasi powerpoint atau flash. Penggunaan media
presentasi dengan maksud untuk membantu guru dalam memvisualisasi materi-materi
yang sulit di pahami siswa. Dengan di bantu menggunakan gambar-gambar yang
menarik, animasi atau film yang diambil lewat internet, maka materi-materi yang
sulit di pahami siswa mudah terpecahkan.
Menurut pak Mardi, cara belajar biologi yang tepat adalah
dengan banyak membaca buku, khususnya buku biologi atau buku lain yang
relevan dengan keilmuan biologi secara rutin tiap hari. Dengan banyak membaca,
maka pengetahuan yang di dapat semakin banyak, daripada sekedar dihafalkan yang
cepat mudah lupa dari ingatan siswa. Guru dalam memberikan penguatan materi pada ingatan siswa perlu dilakukan dengan sering mengulang
kembali rangkaian materi yang telah lampau diajarkan dengan cara memberikan
pertanyaan-pertanyaan diawal tatap muka pada proses belajar mengajar/kegiatan
apersepsi.
Dalam proses pembelajaran semua guru mempunyai
target pencapaian materi serta
kompetensi yang harus dikuasai siswa berupa indikator-indikator pencapaian,
yang sudah dirancang lewat Rancangan Program Pembelajaran (RPP). Pada akhir
proses belajar mengajar selalu diakhiri dengan evaluasi yang dilakukan setiap
semester, apabila dari hasil evaluasi ditemukan ada siswa yang tidak dapat
mencapai kriteria ketuntasan minimal
(KKM), maka akan segera dilakukan remidial pembelajaran, analisis materi
yang disampaikan serta analisis butir soal dengan melihat tingkat kesulitan
soal yang diberikan. Sedangkan bagi siswa yang mendapat nilai diatas kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka diadakan pengayaan materi pembelajaran dengan
menekankan penguatan materi yang diarahkan pada materi SKL kelas XII.
Pada proses pembelajaran biologi ada siswa yang mampu menerima materi pelajaran dengan
baik atau paham terhadap materi yang diajarkan guru, namun ada juga siswa yang
mengalami kesulitan dalam menerima materi pelajaran dari guru. Pada tahun
pelajaran 2009/2010 pak Mardi mengadakan kegiatan refleksi dari semua materi
yang sudah diberikan kepada siswa dan evaluasi dengan melihat hasil nilai
ulangan harian. Untuk perluasan dan percepatan penguasaan materi beliau membuat trick belajar yaitu belajar dengan “ tutor teman sebaya”. Alasannya sangat sederhana saja, dengan belajar menggunakan tutor teman
sebaya, maka siswa dapat dengan mudah menerima informasi dari temannya tanpa
rasa malu, santai, tidak formal dalam waktu dan kesempatan, lain apabila harus
bertanya kepada guru, siswa akan malu, dan sungkan walaupun sebenarnya siswa
belum mampu menguasai materi yang diajarkan guru di kelas. Pembentukan siswa yang akan menjadi tutor teman
sebaya benar-benar siswa yang dipandang unggul dalam bidang akademis, menguasai
mapel IPA khususnya mata pelajaran biologi. Apabila siswa yang menjadi tutor
mengalami kesulitan atau tidak dapat memecahkan masalah, maka cepat-cepat
segera bertanya kepada guru bidang studi supaya konsep materi tidak menyimpang
atau salah, dengan demikian siswa yang menjadi tutor tetap terkawal oleh guru
bidang studi.
Di setiap kesempatan tatap muka Pak Mardi selalu
meluangkan waktu untuk siswa dapat mengajukan pertanyaan atau hal-hal yang
sekiranya siswa belum paham terhadap materi yang diterangkannya di kelas.
Tindakan seperti ini harus dilakukan oleh seorang guru untuk dapat mengetahui
dan mengukur kemampuan siswa dalam menerima pelajaran. Beliau sebelum memulai
pembelajaran Biologi tidak bosan-bosannya selalu mengingatkan kepada anak
didiknya untuk selalu serius di dalam belajar, disiplin masuk sekolah dan cepat
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru, patuh dan
menghormati orang tua serta rajin beribadah kepada Allah SWT.
Pak Mardi disetiap kesempatan formal di
kelas atau pada saat santai waktu istirahat biasanya menyempatkan bertanya kepada siswanya tentang
program masa depannya atau mengawal idealisme siswa dalam meraih cita-citanya
ke depan, dengan maksud supaya siswanya belajar lebih terarah. Waktu duduk dibangku kuliah beliau juga pernah praktek mengajar (PPL)
di sekolah negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di SMA Negeri 1
Pakem, Sleman. Dari pengalaman itulah beliau banyak mencontohkan kehebatan dan
kesuksesan siswa-siswanya alumnus SMA Negeri 1 Pakem. Beliau juga sering
mencontohkan kedisiplinan dan prestasi siswa-siswa SMA Negeri 1 Wonosobo,
karena beliau pernah mengikuti proses pembelajaran biologi berbahasa Inggris
saat kedua sekolah menengah atas ini menyandang status RSBI.
Di mata siswa-siswanya Pak Mardi adalah sosok
guru yang tegas, disiplin dan menyenangkan, akrab dan terbuka. Di setiap akhir
semester saat pembelajaran telah selesai, beliau selalu minta masukkan dari
siswanya berupa kritik dan saran yang membangun dan ditulis di sesobek kertas,
dengan kritik dan saran ini diharapkan bermanfaat untuk kemajuan proses belajar
mengajar di tahun mendatang, tak lupa beliau selalu minta maaf atas segala
kekurangan selama berinteraksi dengan
siswanya selama satu tahun pelajaran di kelas sepuluh atau di kelas
sebelas IPA.
Menurut Pak Mardi, mangajar
dan mendidik sama pentingnya. Hal tersebut tidak bisa dipisahkan, jika hanya
mengedepankan pembelajaran tanpa mengutamakan pendidikan, maka akan timpang,
penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sebuah keharusan untuk
dikuasai siswa generasi sekarang dan yang akan datang, sehingga dapat
melahirkan generasi muda yang cerdas, terampil serta cakap dalam membangun
bangsa. Sedang aspek pendidikan dibutuhkan untuk membentuk karakter siswa yang
berbudi luhur dan berakhlaq mulia, maka tepat sekali kalau untuk tahun sekarang
pemerintah Republik Indonesia mengganti kurikulum lama dengan kurikulum baru
dengan titik tekan pada pembentukan karakter peserta didik.
Menurut pak Mardi, tinjauan perkembangan ilmu Biologi kedepan semakin maju, dibuktikan
dengan banyaknya penemuan-penemuan baru, lewat penelitian yang bersumber dari
pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati Indonesia yang melimpah. Dalam perkembangannya ilmu Biologi tidak
dapat berdiri sendiri, tetapi harus berinteraksi dengan ilmu lain, seperti
fisika, kimia.
Semasa di bangku Perguruan Tinggi yaitu di
Fakultas Biologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), selain pernah menjadi
asisten dosen, beliau juga aktif di kegiatan mahasiswa jurusan, maupun
fakultas, antara lain di Kelompok Ilmiah Jurusan (KIJ). Yaitu wadah para
mahasiswa Biologi dalam menuangkan ide/gagasan untuk kegiatan yang bersifat
membagun nilai akademis para mahasiswanya lewat kegiatan penelitian. Dengan
aktif mengikuti program KIJ diharapkan setiap mahasiswa matang dan mampu dalam
pengembangan riset/penelitian, sekaligus mempersiapkan rancangan penelitian
untuk pembuatan Skripsi di akhir studinya.
Kesimpulan
Bapak Sumardi merupakan
guru biologi yang mempunyai sistem pembelajaran PAIKEM yaitu, Pembelajaran yang
Aktif, Inovatif, Kreaif dan Menyenangkan. Beliau berharap dengan sisitem
pembelajaran tersebut dapat membuat kegiatan belajar mengajar menjadi
konduktif. Beliau dalam mengajar, juga lebih mengutamakan praktiknya terlebih
dahuluagar sisiwa dapat melihat dengan nyata apa yang akan diajarkan, sehingga
anak-anaj menjadi tertarik. Dengan materi yang akan diajarkan, beliau juga
menggunakan perangkat audio visual dalam kegiatan belajar mengajar agar siswa
lebih dapat memahami materi tersebut dan akan membuat tidak bosan.
Kritik dan Saran
Kita harus selalu
menghargai jasa-jasa guru, walaupun ilmu yang diberikan tidaklah sebesar yang
kita harapkan. Dari yang diutarakan oleh Bapak Mardi, kita harus saling
bantu-membantu satu sama lain dalam hal memberi suatu kemudahan dalam belajar
dan menggapai suatu prestasi. Sebagai siswa, kita tidak boleh tertutup, tetapi
kita bisa menjadi siswa yang terbuka. Dalam belajar biologi, sebaiknya dipahami
bukan hanya sekedar dihafalkan.
Penutup
Demikianlah laporan
hasil kegiatan wawancara yang kami buat dengan sebenar-benarnya. Ucapan terima
kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kemudahan kempada kami, sehingga
terlaksananya acara ini. Serta kepada teman-teman yang ikut membantu dalam
pembuatan laporan hasil wawancara ini.
Kami selaku anggota
kelompok, memohon maaf sebesar-besarnya apabila terdapat kesalahan serta
kekurangan dalam laporan hasil wawancara ini. Selain untuk memenuhi tugas
Bahasa Indonesia. Semoga laporan hasil wawancara ini dapat menjadi acuan,
pertimbangan serta motivasi dan koreksi
bagi kegiatan wawancara selanjutnya.
Surat Ijin
Yang bertandatangan
di bawah ini, saya selaku narasumber yang membantu dalam kegiatan wawancara
siswa SMA Negeri 1 Wonosobo, menyatakan :
SETUJU / TIDAK
SETUJU
Bahwa hasil laporan kegiatan wawancara ini diterbitkan sebagai tugas
wawancara Bahasa Indonesia.
Wonosobo, 19 April
2013
Sumardi, S.Pd.
Lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar